LINK GUNADARMA

Banner Link Gunadarma

Kamis, 15 Oktober 2015

PENERAPAN SISTEM INFORMASI DI BIDANG PENDIDIKAN

Pengertian sistem informasi secara umum

            Sistem merupakan sekumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. sedangkan Informasi adalah data yang telah diolah sehingga dapat bermanfaat bagi penggunanya. Sehingga sistem informasi manajemen dapat diartikan sebagai suatu sistem informasi yang berbasis computer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.

            Saat ini banyak sekali dijumpai penerapan sistem informasi dalam kehidupan sehari-haris seperti bisnis, rumah sakit, pemerintahan, kegiatan usaha swasta, pendidikan dll. Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

            Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi sangatlah mendukung untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Semua elemen, baik pendidik maupun siswa dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang mendukung kegiatan sekolah.

 Pada tugas kali ini, saya akan menjabarkan penerapan sistem informasi pada dunia pendidikan.

            Dalam konteks pendidikan, akhir-akhir telah banyak diperkenalkan model pembelajaran berbasis teknologi dengan berbagai macam istilah yang digunakan, seperti:

  1. Computer Assisted Intsruction (CAI),
  2. Computer Based Education (CBE),
  3. ICT,
  4. Computer Based Training (CBT),
  5. Computer Based Instruction (CBI),
  6. Distance Learning,
  7. Distance Education,
  8. Cybernetic Learning Environment (CLE),
  9. Desktop Video Conferencing,
  10. Integrated Learning System (ILS),
  11. Learner-Cemterted Classroom (LCC),
  12. Teleconferencing,
  13. WBT (Web-Based Training), dan sebagainya.
Semua istilah tersebut pada intinya sama, yakni mengacu kepada sistem pembelajaran yang mengandalkan pemanfaatan teknologi. Adapun penjelasannya secara lebih rinci adalah sebagai berikut:

Pembelajaran Berbasis Komputer

            Saat ini komputer sudah bukan lagi menjadi barang langka, bahkan semua urusan di dalam kehidupan manusia, dari mulai urusan perkantoran hingga urusan pribadi, saat ini tidak bisa lepas dari penggunaan perangkat komputer dengan fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya. Tak terkecuali di dalam dunia pendidikan. Oleh karenanya, untuk memanfaatkan teknologi komputer tersebut, dalam konteks pembelajaran, saat ini telah mulai banyak ditawarkan berbagai macam software yang berisi muatan-muatan mata pelajaran, yang salah satunya dikenal dengan istilah "Computer Assisted Intsruction (CAI)" atau “Pembelajaran dengan Bantuan (Media) Komputer”. Istilah-istilah lainnya adalah: Computer Assisted Intsruction (CAI), Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI).

Di dalam dunia pendidikan, komputer bisa dirancang dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang terintegrasi dengan paket-paket pembelajaran. Hal ini mengingat beberapa kelebihan yang dimiliki komputer, antara lain:

  1. Dapat menyimpan data dalam jumlah besar,
  2. Menghitung dengan cepat dan tepat,
  3. Melakukan pekerjaan berulang-ulang kali,
  4. Menampilkan bentuk grafik, bagan, gambar yang dipandu dengan data numerik, atau dengan proses logika, dan sebagainya, dan
  5. Menampilkan kembali data, informasi yang telah direkam sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pendidik.
Melihat berbagai tantangan dan tuntutan pembelajaran pada saat sekarang, jelas bahwa teknologi kumputer dapat dirancang dan dimanfaatkan di dalam aktifitas pembelajaran. Pendekatan pembelajaran melalui teknologi komputer ini dapat berbentuk antara lain:

  1. Bentuk belajar model, yaitu peserta didik dapat belajar melalui latihan-latihan yang diulang-ulang sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tertentu, misalnya untuk pelajaran praktikum dan ketrampilan,
  2. Bentuk belajar simulasi, yaitu bentuk belajar peniruan kenyataan yang diabstraksikan dan dapat dilihat secara nyata melalui layar monitor, misalnya pada sesi permainan olah raga dan ketrampilan,
  3. Bentuk belajar permainan, dimana peserta didik dilibatkan dalam operasi mental dalam bentuk permainan, misalnya pelajaran olah raga permainan, sosio-drama, sosiologi,
  4. Bentuk pembelajaran tutorial, yaitu bentuk belajar yang diberikan dengan sistem modul, dalam hal ini komputer akan menampilkan informasi-informasi yang perlu diketahui dan dipahami serta direspon oleh peserta didik,
  5. Bentuk pembelajaran jenis tes, dalam hal ini peserta didik menyampaikan permasalahan yang sudah dikuasai dan belum dikuasai, sehingga ada umpan balik dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya.

Manfaat sistem informasi dibidang pendidikan
  1. Dapat dijadikan alat dalam mendukung pengembangan pengetahuan bagi para siswa,
  2. Dapat mewakili gagasan pelajar bagi pemahaman dan kepercayaan
  3. Merupakan salah satu sarana informasi yang sangat mendukung dalam proses belajar siswa serta dalam hal pencarian dan pengidentifikasian informasi yang diperlukan siswa,
  4. Dapat dijadikan sebagai perbandingan kepercayaan, perspektif, dan pandangan terhadap dunia,
  5. Sangat bermanfaat sebagai media sosial yang dipergunakan untuk mendukung proses berbicara bagi siswa yang terkadang enggan berbicara didepan umum,
  6. Dipergunakan siswa untuk berkolaborasi dengan siswa ataupun orang lain,
  7. Dipergunakan untuk berdiskusi, penyampaian pendapat serta membangun konsensus antar anggota,
  8. Dapat dipergunakan sebagai mitra intelektual dalam perannya untuk mendukung para pelajar,
  9. Membantu pelajar dalam mengartikulasikan dan memprentasikan ilmu apa yang mereka ketahui tentang sesuatu hal,
  10. Dijadikan alat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah yang menerapkannya,
  11. Dapat membantu meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses belajar dan mengajar (siswa dan guru),
  12. Dipergunakan untuk mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan.

Keuntungan yang didapat peserta didik dari penerapan sistem informasi

  1. Peserta didik akan dapat mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan meskipun itu adalah hasil penelitian orang lain (dengan legalitas copypaste).
  2. Peserta didik akan mendapat mengakses sumber pengetahuan lebih mudah dibanding sebelum penerapan manfaat teknologi, karena pengaksesan informasi telah banyak dipergunakan dengan media gadget (HP, Ipad, Mobile Tab).
  3. Peserta didik dapat mendapatkan Akses yang lebih mudah ke para ahli.
  4. Materi-materi pelajaran akan lebih tampil secara interaktif dan menarik, serta penyampaiannya akan lebih konseptual.
  5. Materi-materi pendidikan dapat di akses melalui belajar jarak jauh jika terkendali oleh kendala biaya dan waktu.


Sumber:
https://artikelterkait.com/manfaat-teknologi-dalam-dunia-pendidikan.html
http://education0computer.blogspot.co.id/2012/11/manfaat-teknologi-informasi-bagi-bidang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar